macro media flash


Macromedia Flash merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan desain dan membangun perangkat presentasi, publikasi, atau aplikasi lainnya yang membutuhkan ketersediaan sarana interaksi dengan penggunanya.
Proyek yang dibangun dengan Flash bisa terdiri atas teks, gambar, animasi sederhana, video, atau efek-efek khusus lainnya.
Dikse berpendapat bahwa Macromedia Flash dibuat oleh perusahaan software macromedia untuk keperluan membuat suatu aplikasi web yang interaktif dan menarik. Macromedia Flash sering digunakan untuk membuat animasi dan untuk keperluan lain seperti membuat game dan tutorial. Karena Macromedia Flash dapat menampilkan teks, gambar, animasi, dan audio secara bersama maka sangat mungkin apabila Macromedia Flash digunakan sebagai sarana pengembangan media pembelajaran. 
Litbang Wahana Komputer mengemukakan bahwa Macromedia Flash merupakan aplikasi animasi yang berjalan dengan sistem operasi windows. Pembuatan suatu program maka dibutuhkan aplikasi lain untuk menambahkan animasi, gambar, video maupun suara.
Berdasarkan pendapat ahli tersebut, pengembang menggunakan aplikasi tambahan yaitu AdobeIlustrator untuk membuat gambar, dan AdobeSoudboth untuk mengolah lagu. 
Menurut Adjie Macromedia Flash adalah software yang banyak dipakai untuk membuat presentasi multimedia untuk kepentingan advertising karena berbentuk file movie yang berekstensi relatif kecil. Salah satu keunggulan yang dimiliki software ini adalah mempunyai kemampuan yang lebih unggul dibanding software lain dalam menampilkan multimedia, gabungan grafis, animasi, suara serta interaktifitasuser. Pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa Macromedia Flash merupakan software yang dapat dikembangkan menjadi media pembelajaran yang interaktif.


Bagian bagian penting dalam area kerja di atas diantaranya: menu, toolbox, timeline, stage, dan panel.
1.        Menu
Menu pada Macromedia Flash terdiri dari : file, edit, view, insert, modify, text commands, control, window, dan help. Pada setiap menu terdapat submenu akan muncul ketika menu diklik satu kali.
2.        Toolbox
Dalam toolbox terdapat komponen-komponen penting diantaranya: tools, view, colors, dan options. Toolbox berperan untuk memanipulasi atau modifikasi objek dalam stage. 
3.        Timeline 
Timeline atau garis waktu merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur dan mengontrol jalannya animasi. Timeline terdiri dari beberapa layer. Layer digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain. Setiap layer terdiri dari frame-frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi. Semakin panjang frame dalam layer, maka semakin lama animasi akan berjalan.
4.        Stage
Stage disebut juga layar atu panggung. Stage digunakan untuk memainkan objek-objek yang akan diberi animasi. Dalam stage dapat membuat gambar, teks, memberi warna dan sebagainya.
5.        Panel
Beberapa panel penting dalam Macromedia Flash diantaranya adalah properties, filters and parameters, action, library, color, dan align, info and transform.
a.         Panel Properties, Filters and Parameters
Panel ini terdapat di stage. Panel properties, filters and parameters digunakan untuk mengatur ukuran background, kecepatan animasi dan lain-lain. Untuk mengeluarkan dan menyembunyikan panel ini dapat digunakan shortcut Ctrl+F3
b.        Panel Actions
Panel Actions digunakan untuk menulis scipt atau bahasa pemrograman flash (Actions Script). Script dapat diketikan secara langsung pada layer actions atau menggunakan bantuan yang disediakan oleh Macromedia Flash. Untuk memunculkan dan menyembunyikan panel ini dapat digunakan shortcut F9.
c.         Panel Library
Library merupakan panel yang digunakan untuk menyimpan objek-objek berupa graphic atau gambar, button atau tombol, movie, dan suara, baik yang dibuat langsung pada stage ataupun hasil proses impor dari luar stage. Untuk memunculkan atau menyembunyikan panel ini dapat digunakan shortcut Ctrl+L.
d.        Panel Color
Panel color merupakan panel yang digunakan untuk memilih warna yang digunakan dalam pembuatan objek-objek pada stage. Ada dua subpanel, yaitu: color mixer dan color swatches. Shortcut untuk color mixer adalah shift+F9 dan shortcut untuk color swatches adalah Ctrl+F9.
e.         Panel Align, Info and Transform.
Untuk menampilakan panel ini dapat menekan Ctrl+K. Panel ini digunakan untuk mengatur posisi objek jika ingin diletakkan pada tengah stage, sebelah kiri atau kanan dan lain-lain. Dengan panel ini objek juga daat diputar dengan menggunakan transform.

Post a Comment

0 Comments