1. Pengertian Al-Qur’an Hadits
Di dalam GBPP SLTP dan SMU Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Kurikulum tahun 1994, dinyatakan bahwa yang dimaksud dengan pendidikan agama
islam ialah “usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik dalam meyakini,
memahami, menghayati dan mengamalkan agama Islam melalui kegiatan bimbingan,
pengajaran dan atau latihan dengan memperhatikan tuntunan untuk menghormati
agama lain dalam hubungan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk
mewujudkan persatuan nasional”.
Dalam hal ini pendidikan agama mengembangkan kemampuan siswa untuk
memperteguh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia /
berbudi pekerti luhur dan menghormati penganut lainnya.
Dan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits termasuk di dalam rumpun mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam yang mana tujuan dan fungsi mata pelajaran
Al-Qur’an Hadits tidak jauh dari mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam.
Peran dan efektifitas pendidikan agama di madrasah sebagai landasan
pengembangan spiritual untuk kesejahteraan masyarakat. Pendidikan Al-Qur’an
Hadits di Madrasah Tsanawiyah sebagai bagian yang integral dari pendidikan
agama, memang bukan satu-satunya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak
dan kepribadian peserta didik, tetapi secara subtansial mata pelajaran
Al-Qur’an dan Hadits memiliki kontibusi dalam memberikan motivasi kepada
peserta didik untuk mempraktekkan nilai-nilai agama sebagai terkandung dalam
Al-Qur’an dan Hadits dalam kehidupan sehari-hari.
Mata pelajaran Al-Qur’ah Hadits merupakan unsur mata pelajaran
pendidikan agama Islam pada Madrasah Tsanawiyah yang merupakan kepada peserta
didik untuk memahami Al-Qur’an dan Hadits sebagai sumber ajaran agama Islam dan
mengamalkan isi pandangannya sebagai petunjuk dan landasan dalam kehidupan
sehari-hari.
2. Tujuan dan Fungsi Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits
Mata pelajaran Al-Qur’an
Hadits mempunyai tujuan dan fungsi, dan tujuan itu sendiri agar peserta didik bergairah untuk membaca
Al-Qur’an dan Al-Hadits dengan baik dan benar, serta mempelajarinya, memahami,
meyakini kebenarannya, dan mengamalkan ajaran-ajaran dan nilai yang terkandung
di dalamnya sebagai petunjuk dan pedoman dalam seluruh aspek kehidupannya.
Sedangkan fungsi dari mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits pada madrasah memiliki fungsi sebagai
berikut:
a. Pengembangan, yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta
didik dalam meyakini kebenaran ajaran Islam yang telah mulai dilaksanakan dalam
lingkungan keluarga maupun jenjang pendidikan sebelumnya.
b. Perbaikan, yaitu memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam
keyakinan, pemahaman, dan pengalaman ajaran islam peserta didik dalam kehidupan
sehari-hari.
c. Pencegahan, yaitu untuk menangkal hal-hal negatif dari
lingkungan atau budaya lain yang dapat membahayakan diri peserta didik dan
menghambat perkembangannya menuju manusia Indonesia seutuhnya yang beriman dan
bertaqwa kepada Allah Swt.
d. Pembiasaan, yaitu menjadikan nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits
sebagai petunjuk dan pedoman bagi peserta didik dalam kehidupannya sehari-hari.
0 Comments